Mengapa T-rex Punya Badan yang Besar dengan Tangan yang Kecil? Ini Alasannya

Kamu pasti pernah mendengar lirik lagu ini, "Badannya besar, tangannya kecil...🎵" Pasti pernah, bukan? Itulah hewan purbakala yang bernama T-Rex.

Alasan mengapa T-Rex punya tangan yang kecil

Kamu pasti pernah mendengar lirik lagu ini, "Badannya besar, tangannya kecil...🎵" Pasti pernah, bukan? Itulah hewan purbakala yang bernama T-Rex.

T-Rex atau yang bernama  ini, memiliki tampilan ataupun tubuh yang besar namun dengan tangan yang sangat kecil.

Apa kamu tertarik? Penasaran dengan jawabannya? Kalau iya, silahkan baca penjelasannya dibawah ini.

Selamat membaca, sob!


Apa itu T-rex?

Sebelum kita membahas mengapa hewan 'kuno' ini memiliki tangan yang kecil, ada baiknya kita mengenal dulu jati diri dari sang Raja Dinosaurus ini.

Menurut Wikipedia, T-rex atau dengan nama lain Tryannosaurus ini ialah hewan 'kuno' yang bisa dibilang pantas untuk menyandang gelar sebagai raja binatang zaman purba, khususnya di wilayah daratan.

T-Rex merupakan binatang yang bergenus Dinosaurus teropoda yang tergolong ke dalam klan Coelurosauria.

Spesies Tyrannosaurus rex (sering dijuluki T. rex atau T-Rex; "rex" berarti "raja" dalam bahasa Latin) adalah salah satu teropoda besar yang paling dikenal oleh khalayak luas. 

Tyrannosaurus hidup di sebuah benua yang dikenal dengan nama Laramidia, yang kini telah berubah menjadi Amerika Utara bagian barat. 

Tyrannosaurus jauh lebih tersebar daripada hewan-hewan Tyrannosauridae lainnya. Fosil-fosil Tyrannosaurus telah ditemukan di berbagai formasi geologi dari zaman Kapur Akhir sekitar 68 hingga 65 juta tahun yang lalu.

T-Rex merupakan salah satu dinosaurus non burung yang paling terakhir bertahan sebelum terjadinya kejadian besar yaitu kepunahan Kapur–Paleogen.

Mengapa tangan T-Rex kecil?

Kemudian ada beberapa pendapat lain yang dikeluarkan oleh para ahli peneliti lainnya, seperti dari University of California.

Lengan T-rex yang kecil berfungsi mencegah dirinya tergigit ketika sekumpulan T-rex lain ikut memakan mangsanya secara bersamaan. Selain itu, gigi T-rex sangatlah tajam dan kuat.

-Kevin Padian,
 peneliti paleontologi.

Coba pikirkan bagaimana jika sekelompok t-rex dewasa berkumpul di bangkai untuk makan? Pasti ada banyak t-rex dengan gigi dan rahang yang kuat, ikut berjuang untuk memperebutkan dengan mengunyah serta merobek daging dan tulang mangsa itu.

Jika T-rex menggunakan tangan kecilnya, pasti salah-salah dia akan melukai dirinya sendiri. Daripada menggunakan tangan yang lemah, T-rex memutuskan untuk mengutamakan mulutnya.


Kesimpulan

Apa kamu sudah paham? Alasan utama mengapa T-rex memiliki badan yang besar tapi tangan yang kecil ialah karena giginya sudah lebih cukup ganas daripada menggunakan tangannya.

Sekian artikel kali ini. Mungkin masih banyak hal yang tidak dapat diungkapkan di masa lalu. Namun percayalah, semua rahasia itu akan terbongkar kalau manusia tetap berusaha mempelajarinya.

Kalau kamu memiliki pertanyaan ataupun ingin memberi tanggapan, cukup tinggalkan di kolom komentar agar aku bisa membacanya.

Terimakasih, Ya'ahowu!

Artikel Terkait :



Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.