Inilah 3 Hal yang Wajib Dilakukan Jika Sedang Bertamu di Rumah Seseorang

Bertamu di rumah seseorang harus memperhatikan beberapa hal tertentu. Setidaknya ada 3 hal wajib dilakukan untuk menunjukkan etika dan sopan santun.
Sopan santun dalam bertamu itu wajib dilakukan

Gunungsitoli, Pan Zebua -- Bertamu ke rumah seseorang mungkin bukan hal yang tidak asing lagi bagi Anda. Namun terkadang, ada beberapa hal penting sering dilupakan ketika Anda bertemu dengan si pemilik rumah.

Bahkan walaupun terlihat sederhana, namun jiks kita tidak melakukannya maka bisa saja si pemilik rumah mengatai kita tidak punya sopan santun. Anda tentunya tidak ingin hal seperti ini terjadi, bukan?

Kesopanan dalam bertamu harus tetap kamu junjung tinggi jika tidak mau menerima sanksi adat, moral ataupun sosial. Selain itu, hal ini sangat berkaitan dalam etika kehidupan manusia.

Rumah seseorang tidak sama dengan rumah kita sendiri, maka dari itu kamu wajib sekali mengetahui beberapa hal penting yang harus dilakukan saat sedang bertamu.

Simak pembahasannya dibawah ini, selamat membaca!

3 Hal yang Wajib Dilakukan saat Bertamu

Ketiga hal ini bersifat harus selalu dilakukan dan jika tidak melakukannya maka kamu akan menerima beberapa sanksi sosial, baik itu adat maupun moral.

Bertamu ialah hal sederhana yang kamu lakukan saat berkunjung ke rumah seseorang, dengan memperhatikan kesopanan, kesantunan, etika dan moral.

Berikut ketiga hal yang sering dilupakan saat bertamu di rumah seseorang.

Memberi Salam dan Bersalaman

Hal pertama dan sekaligus terutama sekali untuk wajib dilakukan ialah memberi salam kepada si pemilik rumah. Sederhana namun ini sangat berarti sekali  saat kita bertamu.

Memberi salam bukan sekedar menunjukkan bahwa kamu menhargai si pemilik rumah namun ini juga menampilkan sisi positif kamu yang menjunjung tinggi kesopanan dan kesantunan.

Untuk memberikan etika yang baik, maka kamu harus menerapkan prinsip atau mindset hidup yang mengutamakan rasa sosial antar sesama.

Selain memberi salam, kamu juga disarankan untuk memberi salaman tangan atau bersalaman dengan semua anggota si pemilik rumah. Hal ini menandakan bahwa kamu ingin akrab dan bukan orang yang sombong.

Melepas Sandal atau Sepatu

Selanjutnya saat sedang bertamu di rumah seseorang, ada baiknya untuk selalu melepas sepatu atau sandal yang kamu kenakan. Ingat, ini harus!

Mengapa demikian? Karena ini dilakukan agar kamu terlihat bermoral dan memiliki etika yang bagus ( attitude ) dalam bersosialisasi.

Tanamkan mindset bahwa kamu harus merendah dalam kehidupan ini. Hal seperti melepas alas kaki diperlukan untuk menunjukkan rasa hormat dan menghargai kediaman si pemilik rumah.

Tips yang bisa kamu pakai ialah, cukup lepaskan sepatu dan jangan lepaskan kaos kaki agar kamu tidak kerepotan. Pastikan kaos kakimu tidak bau agar tidak menganggu isi rumah.

Tips lainnya mengenai melepas sandal saat bertamu juga bisa dilakukan dengan mudah. Tinggalkan itu didepan alas kaki rumah sebagai tanda etika yang sopan.

Tidak Makan dan Minum Berlebihan

Hal terakhir yang wajib kamu lakukan disaat sedang berkunjung di rumah seseorang ialah tidak makan makanan dan minum minuman secara berlebihan.

Jikalau kamu ditawari makan atau minum di kediaman seseorang, ada baiknya kamu makan dan meminumnya dalam jumlah yang sedikit. Hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Etika untuk tidak makan berlebihan di rumah seseorang itu tidak sesederhana yang kamu pikirkan. Kesopanan dan penghormatan yang kamu berikan dinilai pada moment ini.

Tips dan mindset yang bisa kamu gunakan ialah lebih baik sedikit daripada tidak sama sekali. Jangan lupa untuk menyisakan sedikit air pada gelas dan mengarahkan mulut sendok ke arah bawah menghadap piring.

Pentingnya Kesopanan Bertamu

Dalam bertamu, sangat penting sekali untuk memperhatikan etika dalam berbicara maupun bertindak. Hal ini sangat berpengaruh dalam bersosialisasi.

Disetiap kediaman rumah yang kamu kunjungi, ada baiknya selalu memberi salam dan melakukan dua hal lainnya diatas.

Jangan sampai kamu tidak melakukan penghormatan dan menunjukkan sikap tidak sopan sehingga kamu tidak dikira sebagai orang yang tidak menghargainya.

Tips Psikologi dan mindset lainnya mengenai kehidupan etika ini bisa kamu temukan dalam 15 Peribahasa Kesopanan dalam Bersosialisasi di Hidup Ini.

Kesimpulan

Jadi ketiga hal penting yang wajib dilakukan jika sedang bertamu di rumah seseorang ialah :
1. Memberi salam atau bersalaman
2. Melepas sandal atau sepatu
3. Tidak makan berlebihan

Sekian dulu artikel kali ini ya sob... Semoga kamu bisa memanfaatkannya dengan baik. Terimakasih, Ya'ahowu! Shalom!

Artikel yang Berkaitan:






Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.