5 Bagian Tubuh Manusia yang Sudah Tidak Berguna

Tubuh yang kita miliki sekarang ialah evolusi yang berasal dari nenek moyang kita. Beberapa anggota tubuh kita ada yang sudah tidak memilik fungsi.
5 Bagian Tubuh Kita yang Tidak Berguna Lagi

Tubuh yang kita miliki sekarang ialah evolusi yang berasal dari nenek moyang kita. Namun beberapa anggota tubuh manusia ada yang sudah tidak memiliki fungsinya lagi.

Anggota tubuh yang tidak berguna ini, sebenarnya memiliki kegunaan untuk nenek moyang kita di zaman purba dulu.

Kalau kamu tertarik, silahkan baca pembahasannya di bawah ini. Selamat membaca!

Kenali Lebih Dalam Mengenai Manusia Purba

Di sekolah kamu pasti pernah mempelajari mengenai dua kata ini, yakni Manusia Purba. Manusia lama akan berevolusi sehingga membentuk manusia yang memiliki bagian tubuh yang baru.

Apa itu Manusia Purba?

Menurut Wikipedia, Manusia Purba adalah kerabat manusia modern yang telah punah dari setengah juta tahun terakhir.

Semua klasifikasi dari jenis manusia dimasukkan dalam kelompok untuk menjadi kategori yang lebih luas yaitu Manusia Purba. 

Inilah manusia yang sangat berlawanan dengan manusia  sekarang, yaitu manusia modern, kita sendiri (Homo sapiens).

Saat periode dilaksanakan dari 500.000 tahun yang lalu. Kategori-kategori tersebut biasanya mengikutkan Homo heidelbergensis, Homo rhodesiensis, Homo neanderthalensis, dan bisa juga termasuk ke dalam Homo antecessor.

Walau begitu, tanpa adanya kehadiran manusia dulu (purba) , kita (manusia sekarang) tidak akan bisa memiliki tampilan seperti sekarang ini.

-Peneliti Paleontologi

Sisa Evolusi Tubuh Manusia Purba yang Sudah Tidak Berfungsi Lagi

Setelah kamu telah mengerti dan mengenal memgenai manusia purba, mari kita kembali ke topik utama kita lagi.

1. Gigi Geraham Bungsu

Gigi geraham bungsu tidak berguna

Bagian pertama tubuh kita yang tidak lagi memiliki fungsi ialah Gigi geraham bungsu yang terletak di belakang rahang bawah.

Berbeda dengan bentuk rahang kita yang sekarang, rahang nenek moyang kita memiliki ukuran yang lebih besar. Hal inilah yang membuat semua gigi dapat tumbuh di rahang moyang kita.

Gigi geraham bungsu tumbuh banyak di mulut bagian bawah manusia purba. Jika gigi ini tumbuh di mulut manusia sekarang, percayalah bahwa kamu harus operasi.

Hal ini disebabkan karena rahang kita yang terlalu kecil dan tidak sebesar manusia dulu, sehingga gigi geraham tidak mampu tumbuh lebih banyak dalam mulut kita.

2. Tulang Ekor

Tulang ekor manusia : purba vs modern

Dulu, tubuh kakek-nenek moyang kita memiliki perbedaan yang drastis dengan tubuh manusia sekarang. Salah satunya ialah cara berjalannya.

Cara berjalan nenek moyang kita terlihat bungkuk dan sedikit mirip dengan cara kera atau simpanse berjalan. Disini lah letak perbedaan tersebut.

Agar tetap seimbang dan tidak terjatuh, manusia purba maupun kera memanfaatkan tulang ekornya agar bisa mengkoordinasi posisi badannya.

Nenek moyang menggunakan tulang ekornya untuk menyeimbangkan tubuhnya pada saat bergerak atau berjalan. Namun sekarang, bagian tubuh ini tidak berguna bagi kita.

Versi manusia sekarang yaitu kita sendiri, sudah mampu untuk berdiri dengan tegak maupun berjalan dengan tegak. Hal ini membuat kita tidak lagi memerlukan bantuan dari tulang ekor.

Hasilnya, walau kamu sudah menghilangkan tulang ekor dari tubuhmu, maka kamu pasti tetap bisa berjalan tegak dengan percaya diri.

3. Bulu Kuduk

Bagian ketiga tubuh manusia yang sudah tidak berfungsi lagi adalah Bulu kuduk. Ini adalah sisa evolusi yang tidak lagi berguna. Yap, benar. Kamu tidak salah baca, hehe...

Begini penjelasannya.

Manusia purba dulu adalah para ahli pemburu maupun ahli meramu bahkan bercocok tanam. Mereka bertahan dengan memanfaatkan apa yang ada di alam sekitarnya.

Pekerjaan memburu membuat sebagian manusia disitu harus memiliki keberanian dan tidak takut pada serangan hewan buas.
Nah.... disinilah letak fungsi Bulu kuduk berada.

Pada saat berburu, kakek moyang kita terkadang harus berhati-hati saat menemui hewan besar maupun buas seperti gajah purba.

Ketika ada bahaya mendekat, secara insting bulu kuduk manusia purba akan berdiri tegak. Bulu-bulu ini seakan memperingatkan untuk berhati-hati dan waspada karena mendeteksi bahaya.

Selain itu, dengan adanya bulu-bulu ini membuat kakek moyang kita terlihat lebih besar dan menyeramkan di hadapan para hewan buruannya. Apa kamu sudah paham?

4. Usus Buntu

Dulu, manusia purba menggunakan usus buntunya untuk menyerap biji, tumbuh-tumbuhan yang masuk kedalam tubuh.

Namun karena zaman sudah berkembang dan makanan telah berubah menjadi modern, maka usus buntu ini tidak digunakan lagi.

5. Payudara Laki-laki

Dan yang terakhir.... Ehem... Puting para lelaki. Sampai sekarang, tidak banyak yang tay mengenai fungsi dari bagian tubuh manusia ini. Termasuk saya sendiri, hahaha...

Kesimpulan

Inilah 5 bagian tubuh manusia yang merupakan sisa evolusi, yang tidak memiliki kegunaan lagi :
  1. Gigi geraham bungsu
  2. Tulang ekor
  3. Buku kuduk
  4. Usus buntu
  5. Payudara laki-laki
Sekian artikel yang sederhana. Terimakasih, Ya'ahowu!

Artikel terkait :







1 komentar

  1. Artikel yang menarik

    https://www.raihan.tech
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.