Inilah 6 Kota Perlindungan dalam Kitab Perjanjian Lama, Bilangan 35:9-34

Panzebua.blogspot.com - Kota perlindungan dalam kitab perjanjian lama mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya. Cobalah baca Bilangan 35:9-34.
6 Kota perlindungan dalam kitab PL, Bilangan 35:9-34

Panzebua.blogspot.com - Kota perlindungan dalam kitab perjanjian lama mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya. Namun kalau kamu membaca kitab Bilangan 35:9-34, maka kamu pasti akan menemukannya. 

Kehadiran kota-kota perlindungan ini memiliki kaitan erat dengan penegakan Hak Asasi Manusia. Walaupun di Alkitab sendiri tidak berbicara mengenai HAM, namun kamu dapat menemukan beberapa konsep yang berhubungan kepada hak asasi manusia.

Hak asasi manusia di zaman dahulu, yakni zaman Israel di perjanjian lama lebih tepatnya. Kota perlindungan dalam perjanjian lama bisa disimbolkan sebagai perwujudan hak asasi manusia di zaman dulu.

Kota perlindungan inilah yang memegang peranan penting dalam kegiatan hukum bangsa Israel pada masa itu. 

Kitab Bilangan 35: 9-34

Dalam bahan Alkitab Bilangan 35:9-34, kamu pasti akan mengerti lebih dalam mengenai kota-kota perlindungan ini.

Baca dua ayat dari Bilangan 35:14-15 di bawah ini. Cobalah untuk memahaminya agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Bilangan 35:14-15 (TB) 

Tiga kota harus kamu tentukan di seberang sungai Yordan sini dan tiga kota harus kamu tentukan di tanah Kanaan; semuanya kota-kota perlindungan.

Keenam kota itu haruslah menjadi tempat perlindungan bagi orang Israel dan bagi orang asing dan pendatang di tengah-tengahmu, supaya setiap orang yang telah membunuh seseorang dengan tidak sengaja dapat melarikan diri ke sana. 

 

For you information, maksud dari *TB adalah Kepanjangan dari Terjemahan Baru. {alertInfo}

Bagaimana? Apa kamu sudah membaca dua ayat Alkitab di atas?

Kalau kamu ingin membaca lanjutannya, silahkan download Aplikasi Alkitab Lengkap di Google Play Store. Download aplikasinya saja di link biru nomor dua ini.

Berikut penjelasan mengenai kota perlindungan dalam perjanjian lama.

Mengenal: Apa itu Kota Perlindungan?

Dalam kitab perjanjian lama, Musa diperintahkan oleh Allah untuk membangun suatu 'kota-kota perlindungan' agar orang yang berbuat sesuatu kesalahan, tidak langsung dihukum tanpa proses pengadilan.

Kalau didefenisikan secara umum, maka Kota perlindungan adalah sebuah kota dimana seseorang yang merasa tidak sengaja mengakibatkan seseorang meninggal, dia dapat pergi melarikan diri kedalam kota ini untuk mencari perlindungan.

Saat orang yang sudah membunuh ini merasa tidak bersalah, ia dapat pergi berlindung ke Kota Perlindungan. Orang ini tidak akan dibunuh dan harus tinggal disana "sampai matinya imam besar yang telah diurapi dengan minyak kudus" (Bilangan 35:25)

Apakah kamu sudah mulai paham? Kota perlindungan ini akan diambil konsepnya oleh gereja Kristen Modern dengan menetapkan gereja sebagai tempat perlindungan juga.

Tujuan Kota Perlindungan

Fungsi utama dari kota perlindungan dalam kitab  perjanjian lama adalah agar seseorang yang tidak sengaja menyebabkan kematian orang lain tidak dibalas dengan main hakim sendiri atau langsung dibunuh.

Kota perlindungan dibangun oleh Musa atas perintah dari Allah. Dalam Bilangan 35:9-34, kamu akan menemukan tujuan utama dari dibangunnya kota-kota khusus untuk perlindungan ini.

Daftar Kota Perlindungan Perjanjian Lama

Kota perlindungan dalam kita PL ada sebanyak 6 kota, yakni tiga disebelah barat Sungai Yordan dan tiga disebelah timur sungai yordan. Berikut enam kota perlindungan tersebut :

Tiga kota disebelah Barat
  1. Kadesh
  2. Sikhem
  3. Hebron
Tiga kota disebelah Timur
  1. Galon
  2. Ramot di Gilead
  3. Bezer
Total kota perlindungan ialah 6 kota. Cukup banyak, bukan? Orang yang merasa tidak bersalah atas sesuatu, bisa melarikan di kota-kota ini. Apa kamu mengetahui sesuatu mengenai kota-kota ini?

Hebron mungkin kota yang paling sering terdengar bagi kamu. Apalagi sering muncul dalam nyanyian rohani, bukan? ".. Seperti embun yang dari Hebron naik ke bukit sion..."

Lirik tersebut pasti sangat familiar di telinga teman-teman semua bukan? Jangan bohong, hehe...

Kesimpulan

Jadi inti dari artikel ini menjelaskan mengenai 6 kota perlindungan dalam kitab Perjanjian Lama ialah sebagai berikut :
Kadesh, Sikhem, Hebron, Golan, Ramot di Gilead, dan Bezer.

Sekian artikel kali ini ya teman-teman. Semoga kamu bisa mengerti dan mengambil manfaatnya dengan baik. Jangan ragu untuk menuliskan pertanyaanmu di kolom komentar biar aku bisa menjawabnya nanti.

Terimakasih, Ya'ahowu!

Artikel Terkait:



1 komentar

  1. Bermanfaat
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.