Kamu Tipe Kepribadian yang Mana, Night Owl atau Early Bird?

Apa kamu pernah mendengar istilah Night Owl dan Early Bird ? Ini merupakan dua tipe kepribadian yang berkaitan erat dengan pola tidur manusia
Tipe Kepribadian night owl dan early bird

Apa kamu pernah mendengar istilah Night Owl dan Early Bird ? Ini merupakan dua tipe kepribadian yang berkaitan erat dengan pola tidur manusia. Menyadari hal ini akan membuat kamu jadi lebih efektif dalam bekerja.

Bukan sekedar bualan semata! Kalau kamu bisa memanfaatkan kepribadian ini, kamu bakal jadi orang yang berbeda dari yang lain loh...


Mengenal Early Bird dan Night Owl Lebih Dalam

Menurut penjelasan dari alodokter, perbedaan early bird dan night owl ini terletak pada waktu kerjanya atau masa produksi serta pola tidur. Biar kamu lebih paham, mari simak penjelasan penting di bawah ini.


Tipe Early Bird 🐦

Orang dengan tipe early bird umumnya akan tidur lebih cepat di malam hari lalu bangun cepat pada pagi hingga siang hari. Itu sebabnya tipe kepribadian ini disebut Early atau yang bisa berarti pagi cepat.

Hasil dari bangun cepat itu membuat early bird biasanya lebih fokus dalam kegiatannya di sekolah, kuliah, ataupun saat bekerja, yang memang kebanyakan dilakukan pada pagi hingga sore hari.

Karena aktif di pagi hingga sore hari, Early Bird menjadi lelah pada saat waktu malam hari. Mereka memutuskan untuk tidur lebih cepat karena itu membuat badan lebih segar.

Selain itu, hal ini membuat Early Bird menjadi pribadi yang memiliki emosi yang lebih positif dan stabil.

Meski begitu, tipe early bird tidak luput dari kekurangan. Biasanya mereka akan kesusahan mengikuti kegiatan yang dilakukan pada malam hari.


Tipe Night Owl🦉

Jika Early Bird aktif di pagi sampai siang hari, maka Night owl akan lebih aktif dan punya banyak energi di sore, terutama malam hari.

Sesuai dengan namanya, Night Owl. Dari kata kedua yakni Owl yang berarti Burung Hantu, kamu pasti sudah paham bukan? Ini adalah tipe yang begadang larut malam lalu tidur sampai kesiangan.

Mereka merasa jika malam hari adalah waktu yang tepat untuk memikirkan berbagai ide-ide unik dan menarik Maka dari itu, biasanya orang yang bertipe kepribadian ini memiliki pekerjaan sebagai penulis, pelukis, penyanyi, dll.

Walaupun demikian, menjadi tipe yang suka aktif di malam ini memiliki beberapa kelemahan, lho. 

Kelemahan itu membuat mereka tidak bisa bangun pagi karena begadang sudah semalaman. 

Akibatnya mereka sering masih tidur di pagi hari, dan selalu melewatkan sarapan dan peregangan pagi.


Apa Perbedaan antara Dua Tipe Ini?

Perbedaan mendasar yang bisa kita temukan dari Early Bird dan Night Owl adalah waktu tidur dan waktu kerja mereka.

Tim pagi hari juga terlihat lebih bahagia dibandingkan mereka yang berada di tim malam hari.

Namum malam hari juga mampu menyelesaikan tugas yang lebih baik dibandingkan dari yang mengerjakan di siang hari.


Mana yang Lebih Baik, Early Bird atau Night Owl?

Setelah mengerti mengenai semua penjelasan di atas, pasti kamu menjadi bertanya terus. "Gua lebih baik jadi apa ya? Early Bird atau Night Owl, ya?"

Asal kamu tau saja, Sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan ini.

Namun semua parah Ilmuwan sepakat jika mana yang lebih baik antara dua tipe ini adalah sama.

Kedua tipe kepribadian tidur ini, yakni Night Owl maupun Early Bird memiliki waktu tidur yang sama, Hal inilah yang menjadi kesimpulan dari pertanyaan tersebut.

Jadi, menjadi seorang early bird atau night owl bukanlah masalah. Hal yang paling penting adalah kamu mampu mengatur waktu dengan baik setiap harinya. 

Kamu harus berusaha untuk tetap tidur di waktu yang sama dan mencukupi waktu tidur, yakni 7–9 jam setiap harinya, ya.

Selain itu, pastikan juga selalu konsumsi makanan bergizi simbang, selalu rutin berolahraga dan kelola stres dengan baik agar tubuh senantiasa sehat dan kamu pun bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik.

Yang terakhir, kalau kamu memiliki niat untuk berhenti atau mengubah kebiasaan Night 🐦 ataupun Early 🦉, sebaiknya pergilah berkonsutasi dengan dokter untuk membantu dirimu.

Night owl dan early bird,  tidur kapan

Kesimpulan

Jadi jawaban dari pertanyaan tentang mana yang lebih baik antara Night Owl🦉 dan Early Bird🐦 ialah Sama-sama baik, asal tidak menjadi keduanya.

Sekian dulu artikel kali ini, jangan lupa untuk terus mengecek update dari artikel berikutya. Oh iya, jangan pernah ragu untuk menulis di kolom komentar jika kamu memiliki pertanyaan ya!

Terimakasih, Ya'ahowu!

Artikel Terkait :







Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.